Perbedaan Camshaft dan Crankshaft – DR OTO

Sahabat Oto… Meskipun namanya yang sekilas mirip, fungsi dan letak camshaft dan crankshaft di dalam mesin mobil memang agak berdekatan. Tak jarang karena hal ini banyak orang yang salah mengenali camshaft sebagai crankshaft, pun sebaliknya.

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai apa itu camshaft dan crankshaft, maka kini kita akan coba ulas mengenai perbedaan dari kedua komponen ini. Nah untuk lebih jelasnya Sahabat Oto menengok apa sih perbedaan dari camshaft dan crankshaft 

  • Crankshaft berfungsi untuk mengonversi gerakan piston maju mundur di dalam silinder mesin menjadi gerakan berputar. Sementara itu, camshaft bertanggung jawab untuk mengatur gerakan buka-tutup katup (valve) intake dan exhaust sesuai firing order. 
  • Perbedaan camshaft dan crankshaft yang berikutnya adalah soal jumlah putaran. Kalau crankshaft berputar dua kali pada satu siklus langkah kerja mesin, maka camshaft berputar satu kali saja. 
  • Secara dimensi, kedua komponen ini pun berbeda. Crankshaft memiliki dimensi yang lebih berat dan tebal, sedangkan camshaft umumnya lebih tipis dan ringan. 
  • Letak crankshaft umumnya ada di bagian bawah silinder blok mesin, sedangkan camshaft bisa berada di blok mesin maupun bagian silinder kepala (cylinder head) tergantung dari tipe mesin yang digunakan.

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.