PLN Akan Sediakan SPKLU Terintegrasi di Sulselrabar, Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Suara.com – Moch Andy Adchaminoerdin, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) mengungkapkan PERMEN ESDM 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Dikutip dari kantor berita Antara, disebutkan bahwa PT PLN (Persero) berkomitmen untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik. Dan segera menyiapkan Infrastruktur Pengisian Listrik yakni Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terintegrasi.

Adapun lokasinya di tiga provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, serta Sulawesi Barat.

Contoh recharging baterai sepeda motor listrik di SPKLU, yang dipamerkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 [Suara.com/CNR ukirsari].
Contoh recharging baterai sepeda motor listrik di SPKLU, yang dipamerkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 [Suara.com/CNR ukirsari].

“Pada 2023, kami menargetkan akan ada tambahan empat SPKLU di Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bone, Kabupaten Kolaka, serta Kabupaten Konawe Utara guna terintegrasinya fasilitas charging (pengisian baterai) mobil listrik di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat,” ujarnya di Makassar, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga:
Dua Rolls-Royce Phantom Jadi Kereta Raja Charles III di London dan Edinburgh

Moch Andy Adchaminoerdin menyatakan bahwa PLN terus mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik. Komitmen ditunjukkan dengan beroperasinya empat SPKLU dan fasilitas pengisian serta penukaran baterai motor listrik, di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

Saat ini PLN UIW Sulselrabar telah membangun empat SPKLU di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar. Yaitu:

  • SPKLU PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan (50kW)
  • SPKLU PLN ULP Mattoanging berkapasitas 25 kW + 7 kW, di Kota Makassar Sulawesi Selatan
  • SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) WuaWua berkapasitas 2×25 kW di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • SPKLU PLN UP3 Parepare berkapasitas 2×25 kW di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

“Untuk 2022, terdapat empat SPKLU yang terletak di Kantor Gubernur Sulsel, Kota Palopo, Tomoni, dan Kabupaten Kolaka Utara sedang dalam tahap pembangunan,” jelas Moch Andy Adchaminoerdin.

PLN juga telah menyediakan 331 unit SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) di banyak titik fasilitas umum provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat mengisi daya baterai sepeda motor listrik maupun peralatan listrik lainnya.

Baca Juga:
Raja Charles III Baru Bertahta, Rolls-Royce Phantom IV Kerajaan Sudah Diadang di Tengah Jalan

Tidak hanya itu, guna melayani motor listrik yang menggunakan baterai, PLN telah memfasilitasi penyediaan listrik bagi 36 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di kantor PLN maupun mini market di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, di antaranya:

  1. Kantor PLN UIW Sulselrabar (2 unit)
  2. Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sunggumanasa
  3. Kantor PLN ULP Mattoanging
  4. Kantor PLN ULP Karebosi
  5. Kantor PLN ULP Daya
  6. Kantor PLN ULP Maros

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.