Produk Britania Raya Jadi Prioritas

Suara.com – Britania Raya dan dunia tengah berduka atas kepergian Yang Mulia Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022. Beliau baru saja merayakan Queen’s Platinum Jubilee, bertahta selama 70 tahun dan 214 hari. Sebuah prestasi sebagai pemegang tampuk pimpinan terlama negeri monarki itu.

Dalam mengenang Sri Ratu Elizabeth II, yang sebelum penobatan dikenal sebagai Putri Mahkota Elizabeth Alexandra Mary, putri pertama dari pasangan Raja George VI dan Ratu Elizabeth (Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon), hal tidak terlupakan adalah kesukaannya mengemudikan mobil sendiri.

Alih-alih berada di balik setir kendaraan jenis sedan, Yang Mulia Ratu Elizabeth II lebih kerap ditemui tengah mengemudikan mobil kategori Sport Utility Vehicle (SUV). Khususnya lansiran Land Rover.

Pangeran Philip, Duke of Edinburgh mendampingi Ratu Elizabeth II menyapa para pengunjung di hari ulang tahun Sri Ratu ke-90 di Windsor, barat London (21/4/2016) [AFP/Justin Tallis].
Pangeran Philip, Duke of Edinburgh mendampingi Ratu Elizabeth II menyapa para pengunjung di hari ulang tahun Sri Ratu ke-90 di Windsor, barat London (21/4/2016) [AFP/Justin Tallis].

Dikutip dari The Sunday Times Driving, latar belakang kesukaan ini berawal saat Putri Mahkota Elizabeth Alexandra Mary (namanya sebelum dinobatkan sebagai ratu Britania Raya serta negara-negara persemakmuran) bergabung dalam satuan Women’s Auxiliary Territorial Service.

Baca Juga:
Obituari: Sri Ratu Elizabeth II Mangkat, Dunia Otomotif Kehilangan Driver dan Mekanik Andal

Dalam usia 18 tahun, Sang Putri Mahkota ikut serta dalam mobilisasi negeri mengatasi Perang Dunia Kedua pada 1945. Beliau mendapatkan pelatihan sebagai driver kendaraan all-terrain. Akrab dengan berbagai mobil bertransmisi Four-Wheel Drive (4WD) termasuk mengemudikan ambulans.

Sebagai driver, beliau juga ditempa menjadi mekanik sehingga mampu mengatasi segala permasalahan kendaraan tanpa perlu bantuan orang lain. Dan keandalan itu tetap menjadi bagian dari kebisaan Sri Ratu hingga akhir hayatnya.

Jadi tidak heran bila Sri Ratu Elizabeth II yang ditahbiskan menjadi ratu Kerajaan Britania Raya pada 6 Februari 1952 begitu menikmati kegiatan mengemudikan mobil sendiri.

Utamanya selagi berada di Istana Windsor, sekitar 45 menit bermobil dari London, ibu kota England dan Britania Raya. Serta di Istana Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia.

Baca Juga:
Mobil Listrik Volvo Recharge Range Berjaya, Model Konvensional Mengalami Penurunan

Akrab dengan produk Land Rover, Yang Mulia Ratu Elizabeth II gemar mengemudikan Land Rover Seri I keliling kawasan off-road di sekitar Istana Balmoral.

Sebagai sosok simbol negara yang merepresentasikan Britania Raya, Sri Ratu Elizabeth II mencintai produksi dalam negeri. Pilihannya selalu jatuh pada brand negara sendiri. Dan sebagai catatan, United Kingdom memang terkenal sebagai negara produsen berbagai merek kendaraan legendaris.

Land Rover Defender 130 Gun Bus [Motor1.com].
Land Rover Defender 130 Gun Bus. Sebagai ilustrasi [Motor1.com].

Land Rover Defender banyak disebut-sebut media Inggris sebagai kendaraan yang sangat dikagumi Sri Ratu. Utamanya Land Rover Defender 110 produksi 2002.

Produk ini menggendong mesin diesel TD5, suspensi yang dinaikkan dan jok berpemanas.

Selain ketangguhan Land Rover, beliau juga menyukai kenyamanan yang ditawarkan Range Rover–brand turunan dari Land Rover.

Salah satu koleksi beliau adalah Range Rover LWB Landaulet, versi atap terbuka dan kerap membawa beliau serta suaminya, mendiang Pangeran Philip, Duke of Edinburgh saat parade.

Untuk mobil kesayangan ini, Sri Ratu memiliki maskot pribadi yang dipasang di kap mobil. Yaitu seekor labrador dengan burung pegar di moncongnya.

Dan jangan lupa pula, saat sang suami Sri Ratu, yaitu Pangeran Philip yang bergelar Duke of Edinburgh mangkat setahun lalu, kereta merta juga menggunakan basis produk Land Rover.

Selamat menempuh perjalanan menuju Surga, Sri Ratu Elizabeth II (21 April 1926-8 September 2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.