Produksi Vios di Indonesia Disetop, Pindah ke Thailand Jadi Mobil CBU?

Jakarta

Produksi Toyota Vios di Indonesia kabarnya disetop. Sedan tersebut rumornya akan pindah produksi ke Thailand.

Rumor Toyota Vios mengucapkan selamat tinggal muncul seiring dengan beredarnya video di pabrik yang diduga PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Terlihat sejumlah pekerja membawa papan tulisan ‘Sayonara Vios’. Lebih lanjut seorang pria meneriakkan ucapan perpisahan dengan sedan yang sudah dilokalisasi sejak tahun 2013 ini.

“Terimakasih Vios telah menjadi sejarah sukses di plant dua,” ujar seorang pria dalam video tersebut.

Unggahan itu juga lantas dihujani ragam komentar. Bahkan ada yang menyebut produksi Vios itu bakal dipindah ke Thailand. Meski demikian, Vios bakal katanya tetap dijual di Indonesia dengan status CBU Thailand.

DetikOto mencoba mengonfirmasi kabar ini. Hanya saja, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azzam enggan menjawab pertanyaan tersebut.

Bob justru memberikan jawaban yang sama dengan pertanyaan soal konfirmasi penyetopan produksi di pabrik TMMIN Karawang 2.

“Bersama dengan TAM (Toyota Astra Motor) kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya,” ujar Bob.

Toyota Motor Thailand memang diketahui tengah menyiapkan peluncuran dari Vios terbaru. Vios anyar ini kabarnya bakal hadir menggunakan platform yang serupa dengan Avanza, Xenia, hingga Raize. Peluncuran dijadwalkan pada 9 Agustus 2022 di Thailand.

Dari sektor dapur pacunya, Vios anyar akan dibekali dua pilihan mesin yakni mesin konvensional empat silinder berkapasitas 1.2L dan 1.5L hybrid.

Mesin 1.5L hybrid pada Vios terbaru akan meminjam dari Toyota Prius versi Jepang. Mesin tersebut adalah 1.5L Dynamic Force tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga 91 PS dan torsi 120 Nm. Sementara versi mesin konvensional 1.2L disebut hanya akan tersedia untuk pasar Thailand saja.

Sementara untuk di pasar Indonesia, masa depannya belum diketahui dengan pasti. Sebelumnya Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy masih enggan menjawab soal Vios model terbaru.

“Saya belum bisa komen dulu ya,” singkat Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (27/7/2022).

Berkaca dari beberapa peluncuran model mobil sebelumnya, bila telah dikenalkan di Thailand maka tak lama juga dihadirkan di Indonesia. Terlebih model mobil tersebut juga dijual di Indonesia.

Simak Video “Ford Luncurkan F-150 Lightning Pro SSV, Pikap Listrik Khusus Polisi
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.