Pusaka Bumi Transportasi & Chetra Rusia kerja sama pabrik buldoser

Jakarta (ANTARA) – PT Pusaka Bumi Transportasi dari Blue Bird Grup bekerja sama dengan Chetra Rusia untuk mendirikan pabrik buldoser di Indonesia.

“Berdasarkan arahan dari manajemen PT Pusaka Bumi Transportasi, maka untuk saat ini selain bisnis dealership, kami juga masuk ke dalam dunia pertambangan. Sebagai bagian dari industri pertambangan, saat ini kami bekerjasama dengan empat merek dalam alat berat,” kata Sergey Galstyan selaku VP Bussines Development saat dijumpai di Jakarta Pusat, Kamis.

“Saat ini hal yang strategis adalah mengadakan kerja sama dengan perusahaan teknologi dari Rusia. Dan tahun ini merk Chetra diwakilkan oleh PT Pusaka Bumi Transportasi,” sambungnya.

Baca juga: Trakindo gelar Caterpillar Global Operator Challenge 2022 di Bali

Lebih lanjut, Sergey menjelaskan bahwa berkat dukungan dari pemerintah Rusia, PT Pusaka Bumi Transportasi dan Chetra Rusia berencana untuk bekerja sama lebih lanjut di masa depan. Mereka berencana untuk mendirikan pabrik buldoser di Indonesia.

“Berdasarkan dukungan dari pemerintah Rusia, kami bekerja sama dengan brand Chetra. Saat ini, hal ini masih ide, tapi kami punya rencana untuk bekerja sama lebih lanjut di masa depan,” jelas Sergey.

“Oleh karena itu saat ini kita akan melakukan penandatangan MOU antara PT Pusaka Bumi Transportasi dengan Chetra Rusia. Jadi kami ada rencana untuk pendirian pabrik buldoser tahun depan di sini, di Indonesia,” imbuhnya.

Sergey menjelaskan, studi kelayakan pun telah dilakukan dalam rangka mewujudkan rencana tersebut. Dengan demikian, diharapkan kerja sama antara Indonesia dan Rusia ini dapat terjalin dengan baik hingga ke depannya.

“Studi kelayakannya sudah sedang dilakukan. Dimulai dengan bekerjasama di exhibition ini. Diharapkan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Federasi Rusia ini menjadi suatu kerja sama yang bisa terjalin dengan baik di masa depan,” tuturnya.

Sementara itu, Bambang Nuryono selaku Managing Director menjelaskan alasan pihaknya bekerja sama dengan Chetra adalah karena dirinya telah melihat langsung pabriknya di Rusia. Selain itu, PT Pusaka Bumi Transportasi juga menilai Chetra memiliki kelengkapan produk bulldozer.

“Kita akan melakukan kerjasama untuk pusat assembly-nya di Indonesia. Sehingga dari Indonesia nanti pemasarannya ke sekitar Asia dan negara lain di sekitar Asia. Karena kalau dari Indonesia untuk ke pasar itu lebih dekat ke sekitar Asia dari sisi logistik,” ungkap Bambang.

“Ini adalah awal bahwa PT Pusaka Bumi Transportasi dan Chetra mulai untuk kerja sama. Kami memilih Chetra karena saya sendiri sudah melihat pabriknya di Rusia tahun lalu, dan kemudian melakukan pengetesan dari semua fasilitas yang ada. Kita juga melihat dari range produk buldozer ini mulai dari terkecil sampai terbesar itu ada semua di Chetra. Sehingga kami melihat bahwa ini adalah peluang bagi PT Pusaka Bumi Transportasi sebagai supermarket lah untuk alat berat gitu,” pungkasnya.

Baca juga: Trakindo turut dukung pembangunan Pusat Kebudayaan Bali

Baca juga: Sumatra Selatan berhasil menangkan Global Operator Challenge 2022

Baca juga: Trakindo sebut hydraulic excavator 320 GX hemat bahan bakar

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.