Quartararo Ngebet Pakai Mesin Baru Yamaha di MotoGP Aragon, tapi…

Jakarta

MotoGP Aragon 2022 diselenggarakan akhir pekan (18/9) ini di Sirkuit Aragon, Spanyol. Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang kepincut dengan mesin Yamaha YZR-M1 2023, ingin buru-buru menggunakan mesin itu tahun ini juga. Tapi itu tidak memungkinkan.

Seri ke-18 MotoGP 2022 berlangsung di MotorLand Aragon, Spanyol. Seri ini jadi ajang Francesco Bagnaia (Ducati) buat membuktikan kepantasannya jadi kandidat juara dunia MotoGP 2022.

Di sisi lain, seri ini juga menjadi momentum bagi sang juara bertahan, Fabio Quartararo, untuk menjauh dari kejaran Bagnaia. Di tabel klasemen pebalap sementara, Quartararo masih memimpin, tapi hanya berjarak 30 poin dengan ‘Pecco’ Bagnaia.

Fabio Quartararo menjalani sesi tes Misano 2022Fabio Quartararo menjalani sesi tes Misano 2022 Foto: Yamaha Monster Energy

Quartararo sendiri sudah menjajal mesin baru Yamaha di tes Misano pada 6 dan 7 September 2022 lalu. Mesin yang sudah kena sentuhan tangan mantan insinyur F1, Luca Marmorini, itu sukses bikin El Diablo kepincut lantaran punya tenaga lebih oke saat akselerasi maupun top speed.

Sebagai buktinya, Quartararo bersama M1 2023 tidak hanya menjadi yang tercepat pada tes hari kedua, namun juga berhasil mendekati performa motor Ducati. Pebalap asal Prancis itu bisa meraih top speed 298 km/jam atau lebih cepat 4-5 km/jam dari top speed yang ditorehkan saat balapan hari Minggu. Fabio Quartararo pun mencatatkan waktu terbaik mutlak dengan raihan di 1 menit 31,054 detik.

Nah, menjelang gelaran MotoGP Aragon 2023, Quartararo rupanya ingin buru-buru menggunakan mesin itu tahun ini. Tapi secara regulasi, hal itu tentunya haram dilakukan. Sebab Dorna melarang pengembangan mesin selama satu musim berjalan. Mesin itu hanya bisa digunakan saat musim baru tiba.

“Saya berharap saya bisa memasang mesin 2023 untuk tahun ini, tetapi itu tidak mungkin,” kata Quartararo, dikutip dari Crash.

Kendati demikian, pebalap asal Prancis itu masih bisa menggunakan komponen lain yang baru dikembangkan, misalnya sasis. “Tetapi kami akan memiliki sasis baru yang saya rasa merupakan peningkatan di beberapa area dan mungkin sedikit lebih buruk di beberapa (area lainnya),” sambungnya.

“Saya pikir kami akan mencobanya besok. Saya tidak tahu apakah (itu akan di) FP1 atau FP2. Saya akan mencoba sasis baru dan melihat bagaimana cara kerjanya, tapi saya cukup percaya diri,” tukas juara dunia MotoGP 2021 itu.

Simak Video “Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.