Rawat Mobil Warna Hitam Pantang Sembarangan Pilih Sampo

Suara.com – Merawat mobil yang memiliki cat warna hitam lebih sulit bila dibandingkan dengan warna lainnya. Paling kentara adalah kondisi lebih cepat kotor bila digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Baik dalam kondisi hujan maupun terik matahari.

Percikan lumpur sampai pasir dan debu tampak jelas di permukaan mobil warna hitam.

Namun demikian, warna ini masih menjadi warna favorit bagi konsumen karena terlihat lebih elegan.

Untuk merawat mobil dengan cat warna hitam, Chief Executive Officer Scuto Paint, Ryan Christian menyarankan untuk tidak sembarangan menggunakan sampo untuk mencuci mobil.

Baca Juga:
Sri Ratu Elizabeth II Mangkat, Ini Limousine yang Menjadi Kendaraan Resmi Kenegaraan

Ilustrasi cairan pembersih (Shutterstock).
Ilustrasi aneka sampo mobil (Shutterstock).

Ia menyatakan bahwa warna hitam memang paling sulit perawatannya. Karena kotor sedikit kelihatan, ada baret sedikit juga langsung tampak di permukaan bodi.

“Belilah sampo yang mengandung carnauba wax. Karena memang ada semacam pelapis coating juga untuk sampo jenis ini,” ujar Ryan Christian, di Jakarta, Jumat (9/8/2022).

Carnauba sendiri dikenal sebagai lilin palem atau lilin Brasil karena paling banyak dihasilkan dari Negeri Samba. Produk dihasilkan dari dedaunan palem Copernicia prunifera, tanaman asli Brasil. Lilin palem ini mampu menghasilkan efek glossy pada bodi kendaraan.

Namun demikian, lanjut Ryan, menggunakan sampo yang mengandung carnauba wax memiliki tidak bakal terlalu mendapatkan busa. Padahal, pemilik kendaraan biasanya menggemari busa melimpah. Sehingga acara mencuci lebih puas.

Baca Juga:
Sri Ratu Elizabeth II Mangkat, Mobil Favorit Beliau: Produk Britania Raya Jadi Prioritas

Akan tetapi keunggulan yang didapat adalah bodi mobil jadi lebih mengkilap dan bodi mobil juga lebih licin karena dilindungi pelapis lilin tadi.

“Kalau pakai sampo mobil biasa, dia bodi bakal keset. Kemudian bila saat dicuci tidak dikeringkan, bakal timbul jamur,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.