Rayakan hari jadi ke-66, Danamon-Adira perkuat sinergi dan kolaborasi

Jakarta (ANTARA) – Dalam memperingati hari jadi ke-66, Bank Danamon mempererat kolaborasinya dengan perusahaan pembiayaan otomotif Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) sebagai wujud sinergi dan kolaborasi mereka dalam memajukan industri keuangan dan otomotif.

Kerja sama kedua perusahaan juga memperkuat ekosistem pembiayaan otomotif di Indonesia, salah satunya melalui keikutsertaan Danamon dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Berkat dukungan MUFG, Danamon bersama Adira Finance mencatat penyaluran kredit kepemilikan kendaraan bermotor 2.000 unit senilai Rp300 miliar pada event itu.

Baca juga: Strategi digital FIF membuahkan laba bersih Rp750,78 miliar

“Kami sangat merasa bersyukur dapat melewati sebuah perjalanan panjang di Indonesia. Pencapaian ini bukanlah suatu hal yang mudah, namun semua itu bisa kita lakukan karena dukungan dari semua pihak, termasuk kepercayaan luar biasa yang telah diberikan oleh nasabah setia kepada kami,” ujar Yasushi Itagaki, Direktur Utama Danamon dalam siaran resmi, Rabu.

“Dukungan dari MUFG dan anak perusahaan Adira Finance juga menjadi faktor penting dari keberhasilan kami selama ini,” ujar Yasushi.

Bagi Danamon yang memasuki usia ke-66, ulang tahun kali ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan karena di balik perjalanan panjang itu terdapat bukti komitmen Danamon dalam memberikan layanan keuangan perbankan terbaik kepada masyarakat Indonesia, bahkan tetap optimal di masa pandemi.

Melalui #BersamaBersinergi sebagai tema HUT tahun ini, Danamon juga berhasrat untuk membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan di mana karyawan, nasabah dan komunitas merupakan fokus utama mereka.

Tantangan pandemi

Selama tahun 2021, Danamon mampu untuk mempertahankan pertumbuhan profitabilitas positif serta memperkuat fundamental bisnis di tengah berbagai tantangan pandemi dan ekonomi. Danamon juga melakukan investasi di berbagai bidang, termasuk saluran digital, IT, branding, dan sumber daya manusia.

Dengan pertumbuhan laba sebesar 56 persen, Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) konsolidasi pada tahun 2021 sebesar Rp 1,6 triliun. Kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan naik 6 persen mencapai Rp 58 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Dibandingkan dengan tahun 2020, Danamon juga membukukan pertumbuhan pada giro dan tabungan (CASA) sebesar 11 persen yang kini tercatat sebesar Rp73 triliun, sehingga rasio CASA meningkat hingga 59,1 persen. Peringkat simpanan jangka panjang dan Adjusted Baseline Credit Assessment dari Danamon yang diberikan lembaga pemeringkat global, Moody’s Investor Service, menjadi Baa1.

Baca juga: Adira Finance mudahkan solusi finansial lewat program pinjaman dana

Inovasi

Inovasi menjadi hal penting bagi Danamon untuk memberikan layanan keuangan dan perbankan yang optimal. Pada 2021, mereka meluncurkan aplikasi mobile banking D-Bank PRO yang memberikan pengalaman omni-channel kepada nasabah dengan berbagai kemudahan transaksi keuangan.

Aplikasi itu juga bermanfaat selama pandemi karena bisa digunakan untuk layanan perbankan lain yang sebelumnya harus dilakukan di kantor cabang.

Pada 2019, Danamon memperkenalkan aplikasi digital D-BisMart yang memberikan kemudahan kepada penjual dan pembeli untuk dapat melakukan transaksi bisnis di mana saja tanpa harus bertatap muka.

Mereka juga ikut serta dalam penerapan sistem open banking melalui kerja sama dengan perusahaan P2P Lending Investree di mana lebih dari 25.000 pengguna aktif Investree dapat membuka rekening bank dengan prosedur Know Your Customer (KYC) yang seluruhnya dilakukan online.

“Danamon sudah berhasil untuk terus mempertahankan statusnya sebagai sebuah institusi keuangan yang terpercaya bagi jutaan nasabah dan masyarakat Indonesia. Hal ini dapat kami capai salah satunya melalui inovasi tanpa henti yang selama ini kami lakukan dengan meluncurkan berbagai solusi keuangan dan perbankan yang andal bagi semua nasabah setia kami. Ini sesuai dengan brand promise Danamon yaitu memberikan solusi keuangan terbaik agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” ujar dia.

Perusahaan juga aktif membantu masyarakat melalui pemberikan lebih dari 59.000 dosis vaksin COVID-19, bantuan lebih dari Rp1 miliar untuk pengemudi online, asuransi jiwa untuk lebih dari 23.000 relawan COVID-19, bantuan 5 juta yen untuk pelajar Indonesia di Jepang serta mendirikan fasilitas pusat isolasi di Ciawi, Jawa Barat, serta tiga rumah sakit darurat COVID-19 di Jakarta.

Danamon berkomitmen mencapai net-zero emission pada tahun 2030 dengan cara mengurangi emisi karbon dalam kegiatan operasional. Misalnya memasang solar panel di gedung-gedung Danamon dan mengajak karyawan serta komunitas untuk memasang solar panel melalui program pembiayaan mudah dan ringan.

“Danamon hanya bisa terus tumbuh dan berkembang selama 66 tahun karena dukungan dari para Danamoners, nasabah setia dan jutaan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, berbagai program giving back yang kami lakukan selama masa pandemi merupakan bentuk tanggung jawab yang kami harus lakukan sebagai bentuk rasa syukur serta apresiasi terutama di momen ulang tahun Danamon yang ke-66 ini,” tutup Yasushi.

Baca juga: MPMX jalankan program “Green Action” di NTT

Baca juga: JACCS MPM Finance kantongi fasilitas sindikasi asing 250 juta dolar AS

Baca juga: Dipo Star perluas pembiayaan mobil bekas lewat Garasi Mocil.id

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.