Rumor Toyota Innova Pakai Penggerak Roda Depan

Jakarta

Toyota dikabarkan akan memperkenalkan Innova generasi terbaru tahun ini. Muncul dugaan nama baru untuk Toyota Innova, yaitu Innova Zenix. Rumornya juga, Innova generasi terbaru akan mengusung penggerak roda depan.

Saat ini, Toyota Kijang Innova menjadi salah satu andalan Toyota di kelas MPV medium. Hingga kini, Toyota Kijang Innova masih mengandalkan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) dengan sasis ladder frame.

Namun rumornya, Toyota Innova terbaru nanti akan berubah total. Dilansir Autocar India, Toyota Innova akan mengusung sasis jenis monokok, bukan ladder frame lagi. Ini akan membuat Innova generasi terbaru nanti akan sangat berbeda dengan Kijang Innova saat ini. Terlebih, ada kabar juga Innova akan mengusung teknologi hybrid.

Kabar yang diembuskan Autocar India menyebukan, Toyota Innova generasi terbaru nanti akan mengusung platform TNGA-C (Toyota New Global Architecture-C). Jika mengusung platform TNGA, berarti Toyota Innova akan meninggalkan platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle). Saat ini, platform IMV digunakan pada mobil-mobil seperti Kijang Innova, Fortuner hingga Hilux. Platform ini menggunakan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) atau penggerak empat roda (four wheel drive/4WD).

Majalah otomotif India itu juga mengabarkan bahwa Innova generasi terbaru akan mengusung penggerak roda depan (front wheel drive/FWD). Ini berbeda dengan Kijang Innova saat ini yang menggunakan RWD. Selain dengan sasis monokok dan penggerak FWD, Innova terbaru juga akan menggunakan mesin bensin hybrid.

Perubahan jenis penggerak dari RWD menjadi FWD pernah dilakukan Toyota pada model MPV andalannya, Avanza. Sejak tahun lalu, Toyota menggunakan penggerak roda depan pada All New Avanza dan Veloz. Padahal, sejak pertama kali kelahirannya, Toyota Avanza selalu setia menggunakan penggerak roda belakang. Jadi, bukan tak mungkin Innova terbaru nantinya juga akan menggunakan penggerak roda depan.

Sementara itu, Toyota juga telah mendaftarkan nama merek Innova Zenix di Indoensia. Hal itu terungkap dari dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Dalam dokumen itu, nama Innova Zenix sudah didaftarkan di Indonesia sejak 2020 lalu. Nama merek Innova Zenix ini mulai dilindungi sejak 24 Juli 2020.

Nama Innova Zenix didaftarkan langsung oleh Toyota Jidosha Kabushiki Kaisha atau Toyota Motor Corporation. Tertulis dalam dokumen itu pihak pemilik nama yakni Toyota Motor Corporation beralamat di Toyota-cho, Toyota-shi, Aichi-ken, Jepang.

Simak Video “Langka! Ini Wujud Innova dan Alphard Edisi Spesial Batik Iwan Tirta
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.