Sebelum Turun di AXCR 2022, Rifat Sungkar Bakal Berlaga di APRC Danau Toba Rally

Suara.com – Beberapa saat lalu, Tim Mitsubishi Ralliart mengumumkan susunan driver dan co-driver untuk gelaran Asia Cross Country Rally atau AXCR 2022. Sebuah kejuaraan seru yang digelar di Thailand dan Kamboja.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis tertulis pada Selasa (20/9/2022), Rifat Sungkar bakal berlaga di Kejuaraan Reli Asia Pasifik (APRC), Danau Toba Rally 2022.

Berlokasi di Aek Nauli, Sumatera Utara serta dihelat mendekati akhir pekan ini, Jumat (23/9/2022), APRC adalah kejuaraan reli bergengsi di tingkat Asia Pasifik. Serta berada satu tingkat di bawah World Rally Championship atau WRC.

Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022 (kiri-kanan): Rifat Sungkar (driver/Indonesia), Chayapon Yotha (driver/Thailand), Sakchai Hantrakul (driver/Thailand) [Mitsubishi Motors].
Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022 (kiri-kanan): Rifat Sungkar (driver/Indonesia), Chayapon Yotha (driver/Thailand), Sakchai Hantrakul (driver/Thailand) [Mitsubishi Motors].

Indonesia tercatat kerap menjadi tuan rumah APRC. Yaitu 1989-1997, 2000, 2005-2009, dan sebelum pandemi COVID-19 yakni pada 2019.

Baca Juga:
The Best 5 Oto: Pengawalan KTT G20 Bali, Aurus Senat Presiden Rusia, Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022

Selama hadir di Indonesia, hanya ada dua provinsi yang menjadi lokasi APRC yaitu Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Adapun Danau Toba menjadi kawasan yang paling sering disinggahi.

“Perbaikan sudah selesai dilakukan Mitsubishi Xpander AP4 kembali segar dan siap untuk menunjukkan performa terbaiknya,” demikian jelas Rifat Sungkar.

Ia akan berlaga bersama co-driver asal Australia Ben Searcy dan mereka berada di bawah bendera Mitsubishi XPANDER Rally Team (MXRT).

“Saya makin mengenal lintasan yang akan kami lalui sepanjang APRC ini. Namun saya tidak mau menganggap enteng, karena apa pun bisa terjadi di arena reli. Yang jelas, saya akan berjuang meraih hasil terbaik dan menunjukkan bahwa mobil yang saya gunakan adalah kendaraan luar biasa,” lanjut putra pertama pasangan Helmy Sungkar dan Ria Gondokusumo itu.

Baca Juga:
Siap Berlaga di AXCR 2022, Ini Susunan Tim Mitsubishi Ralliart

Rifat Sungkar menambahkan sudah belajar banyak melahap trek di lokasi yang sama kala turun di Kejurnas Danau Toba Rally 2022 bulan lalu.

Setelah 12 tahun terakhir lebih banyak berlaga di arena drifting, sprint rally, dan sprint off-road, tahun ini menjadi tahun Rifat Sungkar kembali berlaga di kancah reli. Selain itu selanjutnya ia akan turun di AXCR 2022 bersama rekan-rekan setim Mitsubishi Ralliart, berlaga di Thailand dan Kamboja.

Rifat Sungkar menjadi pereli Indonesia yang paling berprestasi di tingkat APRC, dengan menempati posisi keempat Overall APRC 2006. Juaranya Cody Crocker, pereli WRC asal Australia.

Sedangkan di 2007 ia masuk 10 besar APRC dan di 2011ia menempati peringkat ketiga APRC di bawah dua pereli WRC yaitu Alister McRae dan Chris Atkinson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.