Sensasi Skutik Sporty Adventure Italia Harga Rp 60 Jutaan

Jakarta

Setelah berkecimpung di pasar motor sport dan naked, Aprilia Indonesia akhirnya mulai berani terjun ke segmen motor terlaris di Indonesia. Ya, pabrikan asal Italia itu memperkenalkan skutik sporty adventure, SR-GT 200, di Tanah Air pada Juli 2022. Aprilia SR-GT 200 dibanderol dengan harga Rp 60 jutaan.

Aprilia SR-GT 200 bisa menjadi alternatif baru bagi konsumen Indonesia yang mulai jengah dengan jajaran skutik Jepang. Motor ini berani membawa desain berbeda, dengan kubikasi mesin yang anti-mainstream pula, 174 cc.

detikOto mendapat kesempatan menguji coba ‘kuda besi’ terbaru negeri Pizza ini selama beberapa hari. Kami ulas mulai dari desain, posisi berkendara, lalu fitur-fiturnya, performa, hingga konsumsi bahan bakarnya. Berikut selengkapnya.

Aprilia SR-GT 200Aprilia SR-GT 200 Foto: Andhika Prasetia/detikOto

Desain dan Dimensi

Bicara desain, Aprilia SR-GT 200 membawa angin baru di segmen skutik premium Indonesia. Motor ini bahkan menawarkan keistimewaan tersendiri karena memadukan gaya sporty dan adventure sekaligus.

Gaya sporty bisa dilihat dari tampangnya depannya yang mirip motor sport fairing dengan lampu LED tiga kluster. Pada sisi sayap juga terdapat lubang yang membantu menunjang fungsi aerodinamika motor ini. Kesan sporty menjalar hingga buritan, dengan adopsi bodi agresif dan serba bersudut.

Bicara dimensi, motor ini cukup bongsor untuk ukuran badan rata-rata orang Indonesia. SR-GT memiliki panjang 1.920 mm, lebar 765 mm, tinggi jok 799 mm, jarak sumbu roda 1.350 mm.

Ototest Aprilia SR-GT 200Aprilia SR-GT 200 Foto: Andhika Prasetia/detikOto

Posisi Berkendara

Tester detikOto yang memiliki profil badan dengan berat 77 kg dan tinggi 165 cm harus beradaptasi saat duduk di atas motor ini. Pasalnya jok cukup tinggi, sehingga mau tidak mau kaki harus jinjit. Untungnya joknya cukup empuk, dan posisi setangnya juga dekat, sehingga memudahkan pengendara.

Fitur-fitur

Aprilia SR-GT dibekali sejumlah fitur kekinian, mulai lampu-lampu full LED, panel instrumen full digital, engine cut off, Idling Stop System, Anti-lock Braking System, suspensi belakang yang bisa disetel tingkat kekerasannya, hingga USB socket charger yang terletak di dasbor.

Aprilia SR-GT 200Aprilia SR-GT 200 Foto: Andhika Prasetia/detikOto

Performa dan Pengendalian

Di atas kertas, Aprilia SR-GT dibekali mesin 174 cc i-get, 1 silinder, 4 katup, dengan bore x stroke 61,5 mm x 58,7 mm. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 17,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Secara performa, untuk tarikan bawahnya tidak terlalu agresif. Tapi yang istimewanya, tenaga motor ini linier, terus mengisi di setiap rentang rpm (putaran mesin). Jadi pengendara tidak perlu khawatir motor kehabisan tenaga ketika digeber pada kecepatan tinggi.

Suspensi Aprilia SR-GT 200 sangat empuk, baik di bagian depan maupun di belakang. Untuk melewati jalan rusak atau speed trap, suspensi belakang bisa meredam dengan sangat baik. Suspensi depan juga tidak kalah empuk dengan travel yang panjang.

Nah, soal handling atau pengendalian, motor ini cukup nyaman untuk harian. Tidak cepat bikin pegal, posisi setang juga cukup lebar, serta dekat ke badan pengendara. Buat selap-selip di kondisi jalan macet pun masih oke.

Tapi minusnya, motor ini terasa kurang lincah buat bermanuver, di mana terjadi gejala ban depan ‘ngebuang’ saat motor digunakan untuk berbelok patah. Ini karena karakter sokbreker yang terlalu empuk. Untungnya, tingkat kekerasan suspensi belakang SR-GT masih bisa disetel sesuai kebutuhan.

Aprilia SR-GT 200Aprilia SR-GT 200 Foto: Andhika Prasetia/detikOto

Konsumsi Bahan Bakar

detikOto melakukan pengujian dengan menempuh jarak total kurang lebih 142 km dengan rute Bekasi – Jakarta (pergi pulang). Kondisi lalu lintas jalanan yang dilewati berbagai macam, dari macet hingga lengang, dari jalanan bergelombang hingga jalanan dengan mulus.

Catatan lainnya, motor dikendarai tanpa memperhatikan eco riding atau cara berkendara yang efisien bahan bakar, fitur Idling Stop System pun dimatikan. Oh iya, tester detikOto memiliki berat badan 77 kg dan selama pengujian dilakukan tanpa berboncengan.

Adapun bahan bakar yang digunakan adalah Pertamax Turbo dengan RON 98. Dari semua faktor-faktor tersebut, didapat hasil konsumsi bahan bakar rata-rata Aprilia SR-GT pada angka 24 km per liter.

Harga dan Pilihan Warna

Aprilia SR-GT versi standar dijual Rp 60.000.000 juta dengan pilihan warna Aprilia Black, Infinity Blue, dan Street Grey. Sementara versi sport-nya dihargai Rp 61.500.000 dengan pilihan warna Street Gold, Raceway Red, dan Iridium Grey.

Aprilia SR-GT 200(Aprilia SR-GT 200 Foto: Andhika Prasetia/detikOto)

(lua/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.