Simulasi Perbandingan Biaya Isi ‘Pertalite’ versi BP dan Pertalite Beneran di Mobil

Jakarta

Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kandungan Research Octane Number (RON) 90 bisa ditemukan di dua operator SPBU Tanah Air. Pertama adalah BBM dengan nama Pertalite yang ditawarkan Pertamina. Lalu untuk jenis lain bisa kamu temukan pada SPBU BP-AKR.

Secara kandungan oktan keduanya boleh sama. Tapi jika bicara harga, perbedaannya cukup signifikan. ‘Pertalite’ versi BP atau BP 90 dijual dengan banderol Rp 14.890 per liter. Sedangkan Pertalite harganya dipatok Rp 10.000 per liter. Perbedaan per 1 liternya mencapai Rp 4.890.

Harga BP 90 itu sendiri sudah mengalami penurunan per 14 September 2022. Namun demikian, harganya masih terbilang tinggi bahkan lebih mahal dari BBM RON 92 Pertamax yang dijual Rp 14.500 per liter. Maklum, Pertalite tergolong sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP). Menjadi JBKP, artinya harga Pertalite di seluruh Indonesia ditetapkan oleh pemerintah. Berbeda dengan solar dan minyak tanah yang mendapat subsidi, pada Pertalite terdapat kompensasi. Sedangkan BP 90, adalah Jenis BBM Umum yang penetapan harganya mengikuti perkembangan harga minyak dunia.

Buat yang sering menggunakan kendaraan untuk operasional, perbedaan harga yang nyaris menyentuh Rp 5.000 per liter tentu berpengaruh. Mengambil contoh mobil-mobil yang kerap digunakan sebagai armada taksi online sekelas LCGC hingga Low MPV dan sering kedapatan mengisi Pertalite.

Sebagai simulasi, Daihatsu Sigra dengan kapasitas tangki 36 liter, maka dengan mengisi Pertalite dari kosong hingga penuh hanya dibutuhkan biaya Rp 360.000. Tapi jika mengisi BBM BP 90, pengendara harus merogoh kocek Rp 536.040.

Biaya operasional kendaraan sejenis Toyota Avanza pun bisa membengkak. Memiliki kapasitas tangki 43 liter, pengendara hanya mengeluarkan biaya Rp 430.000 untuk mengisi penuh dari posisi kosong. Sedangkan bila BBM yang diminum adalah BP 90, maka total biayanya Rp 536.040.

Mobil mungil dengan tangki lebih kecil juga berpengaruh ke pengeluaran. Contohnya Daihatsu Ayla dengan tangki 33 liter, dengan Pertalite biasa pengendara hanya mengeluarkan Rp 330.000. Namun dengan BP 90, biaya isi BBM dari kosong hingga tangki penuh mencapai Rp 491.370.

Simak Video “Alasan Shell Ogah Jual Bensin RON 90 Lagi
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.