Spek Limosin Rp 170 Miliar Elizabeth: Tak Sembarangan, Bodinya Antiledak

Jakarta

Ratu Elizabeth II meninggal dunia usai menghembuskan nafas terakhirnya di Istana Balmoral, Skotlandia, Kamis 9 September 2022 waktu setempat. Banyak kisah dan kenangan yang ditinggalkan semasa masih hidup, salah satunya kecintaan dia terhadap dunia roda empat.

Kala itu, di usianya yang tak lagi muda, Ratu Elizabeth II kerap terlihat mengemudikan mobilnya sendiri. Padahal, istana telah menyiapkan sopir atau pengemudi khusus untuk membawanya pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Pada perayaan Golden Jubilee atau 50 tahun bertakhtanya Elizabeth II, Bentley menghadiahinya mobil super spesial bernama Bentley State Limousine. Mobil tersebut menjadi kendaraan dinas selama bertahun-tahun sekaligus mengantarkannya ke pemakaman Pangeran Philips di Windsor, Britania Raya.

Bentley State Limousine yang diberikan ke Elizabeth II merupakan produk lansiran 2002. Pabrikan mobil Inggris tersebut mempersembahkan dua unit State Limousine kepada si Ratu. Satu digunakan sebagai mobil dinas, dan satu unit lainnya disimpan di Royal Mews, semacam garasi untuk mobil anggota keluarga kerajaan.

Menurut laporan Slashgear yang dikutip dari The Telegraph, Bentley State Limousine milik Elizabeth II konon merupakan mobil kedua termahal di dunia. Kendaraan tersebut ditaksir memiliki nilai US$ 11 juta atau setara Rp 170 miliar. Sayangnya, tak disebutkan pasti, mobil apa yang berada di peringkat pertama.

Bukan Mobil Sembarangan

Meski terkesan klasik dan biasa-biasa saja dari luar, namun nyatanya Bentley State Limousine bukanlah mobil sembarangan. Kendaraan yang dibangun dari basis Bentley Arnage tersebut memiliki fitur keselamatan dan keamanan tinggi.

Kabarnya, jendela mobil tersebut bisa digelapkan total dan antipeluru baik bodi dan kacanya. Kabinnya bisa kedap udara sehingga aman dari serangan bahan kimia beracun.

Bodinya bisa menahan ledakan bom skala ringan, semua bannya dilapis bahan kevlar antipeluru. Serta beberapa fitur dan teknologi lain yang menjadi standar mobil pemimpin negara.

Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II dibekali mesin V8 twin-turbocharged 6,75 liter dengan semburan tenaga 400 daya kuda. Kecepatan maksimalnya konon mencapai 209 km/jam.

Simak Video “Riwayat Kesehatan Ratu Elizabeth hingga Tutup Usia
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.