Sri Ratu Elizabeth II Mangkat, Dunia Otomotif Kehilangan Driver dan Mekanik Andal

Suara.com – Sri Ratu Elizabeth II mangkat pada Kamis, 8 September 2022 di Istana Balmoral, Skotlandia, Britania Raya, dalam usia 96 tahun. Sekira setahun setelah kepergian suaminya, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh (9/4/2021).

Sepanjang hayatnya, Sri Ratu yang menyandang nama Putri Mahkota Elizabeth Alexandra Mary sebelum penobatan, kelahiran 21 April 1926 di Bruton Street, London, Britania Raya, putri dari pasangan Raja George VI dan Ratu Elizabeth (Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon) dikenang sebagai simbol kerajaan yang gemar berada di balik kemudi.

Salah satu alasannya, karena sebagai Putri Mahkota beliau menjalani masa remaja di masa Perang Dunia Kedua. Saat di mana Britania Raya memerlukan mobilisasi semua sumber daya manusia untuk mengatasi serangan The Blitz dari Jerman.

Ratu Elizabeth II menggunakan State Bentley dalam prosesi upacara pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh di St George's Chapel, Istana Windsor, sebelah barat London, pada 17 April 2021[AFP/POOL/Leon Neal].
Ratu Elizabeth II menggunakan State Bentley dalam prosesi upacara pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh di St George’s Chapel, Istana Windsor, sebelah barat London, pada 17 April 2021[AFP/POOL/Leon Neal].

Dikutip dari The Sunday Times Driving, Putri Mahkota Elizabeth Alexandra Mary yang berusia 18 tahun, pada 1945 bergabung dalam satuan Women’s Auxiliary Territorial Service.

Baca Juga:
Bedah Suspensi Spectre, Mobil Listrik Perdana Rolls-Royce Motor Cars

Yang Mulia Putri Mahkota Elizabeth dilatih sebagai driver dan mekanik. Bisa dijumpai di berbagai artikel otomotif seputar kebisaan beliau di dua sektor ini. Keandalan dalam hal bongkar pasang mesin Land Rover tak perlu diragukan lagi, bisa diselesaikan beliau dalam bilangan menit saja. Demikian pula soal mengemudikan kendaraan bertransmisi Four-Wheel Drive (4WD) di medan off-road. Gaya mengemudikannya sungguh tangguh.

Ratu Elizabeth II  dan Pangeran Philip dari Inggris, Duke of Edinburgh melambai kepada para tamu saat  menghadiri Patron's Lunch di Mall, sebuah acara untuk menandai ulang tahun official Sang Ratu ke-90 di London (12/6/2016) [AFP/Bruce Adams].
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip dari Inggris, Duke of Edinburgh melambai kepada para tamu saat menghadiri Patron’s Lunch di Mall, sebuah acara untuk menandai ulang tahun official Sang Ratu ke-90 di London (12/6/2016) [AFP/Bruce Adams].

Film The Queen (2006) yang dibintangi Dame Helen Mirren memotret salah satu sisi Sri Ratu Elizabeth II dalam hal kesukaannya mengemudikan dan mengurus Land Rover Defender dengan apik. Termasuk adegan berkendara di kawasan sungai, tidak jauh dari Istana Balmoral yang menjadi salah satu kastil kesayangan beliau dan mendiang suaminya.

Uniknya, sampai di hari mangkat beliau diyakini bahwa Sri Ratu Elizabeth II tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi atau SIM. Sebuah aturan khas Kerajaan Britania Raya menyebutkan bahwa beliau adalah satu-satunya driver di negeri itu yang tidak diharuskan memiliki dokumen mengemudi.

Sepanjang hayatnya, Sri Ratu Elizabeth II selalu menikmati kegiatan menyetir mobil di kawasan Istana Windsor serta Istana Balmoral. Utamanya di sekitar Istana Balmoral, di kawasan perkebunan seluas 50.000 acre dekat Ballater, di Aberdeenshire, Skotlandia.

Baca Juga:
London Rayakan Platinum Jubilee Sri Ratu, Parkir Bumper to Bumper Tidak Masalah

Selera Sri Ratu yang baru saja merayakan Platinum Jubilee terkenal sangat nasionalis, di mana produk yang beliau kemudikan secara tematis mesti buatan Britania Raya.

Land Rover dan Range Rover dalam berbagai dimensi dan model telah dikemudikan Sri Ratu Elizabeth II semasa hidupnya. Selama bertahta tak kurang dari 70 tahun, beliau memiliki sekitar 30 Land Rover. Mulai Land Rover Seri I, land Rover Defender terbaru, serta sederet Range Rover.

Sri Ratu Elizabeth II mangkat meninggalkan empat putra: Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward Duke of Wessex.

Our deepest condolences  on the passing of The Majesty Queen Elizabeth II (April 21th 1926 – September 8th 2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.