Sri Ratu Elizabeth II Mangkat, Ini Limousine yang Menjadi Kendaraan Resmi Kenegaraan

Suara.com – Yang Mulia Ratu Elizabeth II berpulang pada 8 September 2022 di Istana Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia dalam usia 96 tahun.

Semasa hidupnya, istri tercinta dari mendiang Pangeran Philip, The Duke of Edinburgh ini terkenal sebagai sosok yang sangat menyukai kegiatan mengemudikan mobil sendiri. Utamanya Land Rover serta Range Rover. 

Land Rover Seri I short chassis serta Land Rover Defender long chassis termasuk dalam favorit Sri Ratu.  Jenis-jenis kendaraan all-terrain, off-road, serta Sport Utility Vehicle (SUV) produksi Britania Raya senantiasa melekat di hati beliau.

Ratu Elizabeth II menggunakan State Bentley dalam prosesi upacara pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh di St George's Chapel, Istana Windsor, sebelah barat London, pada 17 April 2021[AFP/POOL/Leon Neal].
Ratu Elizabeth II bersama Bentley State dalam prosesi upacara pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh di St George’s Chapel, Istana Windsor, sebelah barat London,  17 April 2021 [AFP/POOL/Leon Neal].

Kesukaan itu bisa disebut berawal saat Putri Mahkota Elizabeth Alexandra Mary (namanya sebelum dinobatkan sebagai ratu Britania Raya serta negara-negara persemakmuran) bergabung dalam satuan Women’s Auxiliary Territorial Service.

Baca Juga:
The Best 5 Oto: Ratu Elizabeth II Mangkat Tinggalkan Kenangan Land Rover, Suspensi Rolls-Royce Spectre, Motor Konversi

Saat itu, putri pertama pasangan Raja George VI dan Ratu Elizabeth (Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon) ini masih berusia 18 tahun, dan mendapatkan pelatihan sebagai driver mekanik dalam mobilisasi Britania Raya menghadapi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

Akan tetapi, di luar kesukaan mendalam akan kendaraan tangguh bergaya macho itu, Sri Ratu juga sesekali terlihat menggunakan limousine. Serta layanan driver atau tidak menyetir sendiri.  Umumnya dalam acara-acara kenegaraan, seperti menyambut kunjungan kepala negara dalam kapasitas formal, atau menghadiri perayaan serta parade resmi kerajaan di London.

Rolls-Royce Phantom V (5AT30) diluncurkan pada 1959 untuk menggantikan Rolls-Royce Silver Wraith [Rolls-Royce Motor Cars].
Rolls-Royce Phantom V (5AT30) diluncurkan pada 1959 untuk menggantikan Rolls-Royce Silver Wraith [Rolls-Royce Motor Cars].

Dikutip dari The Sunday Times Driving, Bentley State Limousine menjadi kendaraan resmi Ratu Elizabeth II untuk acara resmi kenegaraan. Tersedia dua unit yang selalu siaga memberikan layanan, unit pertama dipersembahkan oleh konsorsium perusahaan manufaktur dan layanan mobil Inggris dalam peringatan The Queen’s Golden Jubilee pada 2002. Sedangkan unit kedua adalah versi upgrade.

Limousine ini menggunakan basis Bentley Arnarge lalu digantikan Bentley Mulsanne versi khusus Sri Ratu. Dimensi dibuat lebih panjang dan lebih tinggi, bodi terbuat dari material lapis baja, dicat merah tua dan hitam. Ban anti kempis serta dilengkapi blue flashing lights.

Baca Juga:
Sri Ratu Elizabeth II Mangkat, Mobil Favorit Beliau: Produk Britania Raya Jadi Prioritas

Kemudian, di saat perayaan The Queen’s Silver Jubilee pada 1978, Sri Ratu menggunakan Rolls-Royce Phantom VI. Bermesin V8 kapasitas 6.75L dan top speed sekitar 220 dk, kendaraan ini dipersembahkan oleh Society of Motor Manufacturers and Traders.

Hingga kini, limousine satu ini masih dirawat dalam lingkup istana serta berfungsi dengan baik. Salah satunya menjadi mobil pengantin Putra Mahkota Pangeran William dan Catherine Middleton. Serta Raja Charles III, putranya yang kini memimpin Monarki Britania dalam acara Pembukaan Parlemen Negara. Saat itu kapasitasnya menggantikan Sri Ratu yang  berhalangan hadir.

Selamat jalan, Sri Ratu Elizabeth II (21 April 1926 – 8 September 2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.