Suzuki Ungkap Alasan Lebih Banyak Bawa Produk dari India untuk Pasar Indonesia

Suara.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) buka suara mengapa produk yang dipasarkan di Indonesia saat ini lebih banyak Completely Built-Up (CBU) dari India.

Padahal seperti diketahui, Suzuki sebenarnya memiliki sejumlah model populer yang dirakit langsung dari Jepang.

Menanggapi hal ini, Head of 4W Brand Division & Marketing Research & IT Network PT SIS, Harold Donnel mengatakan, hal ini terkait strategi perusahaan secara global dan kualitas yang ditawarkan juga sama.

Harga Suzuki Baleno terbaru, yang diluncurkan di GIIAS 2022 pada Kamis (11/8/2022), mulai Rp 262 juta. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]
Harga Suzuki Baleno terbaru, yang diluncurkan di GIIAS 2022 pada Kamis (11/8/2022), mulai Rp 262 juta. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

“Kami selalu menyuarakan kalau mau dirakit lokal atau CKD. Tapi ada strategi korporasi yang harus diambil secara global. Jawaban dari global memang seperti itu (jual CBU India),” ujar Harold Donnel, di GIIAS 2022, baru-baru ini.

Baca Juga:
KIA Catat Penjualan 947 Unit Sepanjang GIIAS 2022, Kategori Mobil Keluarga Paling Mendominasi

Mengapa Suzuki lebih pilih CBU India ketimbang Jepang, sambung Harold, salah satu pertimbangannya adalah harga. Itulah sebabnya, agar nominalnya tetap kompetitif, mereka mengambil produk buatan India.

“Kembali lagi, seberapa besar market yang mau diambil Suzuki di Indonesia. Soalnya, setiap tahun kita punya target market share,” ungkap Harold.

Lebih jauh Harold menjelaskan, bila melihat perbandingan harga, mobil India lebih murah ketimbang Jepang. Tapi perlu ditegaskan, dari segi kualitas produk di manapun kualitasnya tetap sama.

India merupakan salah satu pusat produksi Suzuki yang mampu menyediakan permintaan besar dari pasar global, salah satunya Indonesia. 

“India yang jadi rumah produksi secara global bisa menyediakan stabilitas produksi dan melakukan penyesuaian untuk pasar Indonesia,” tutup Harold.

Baca Juga:
GIIAS 2022 Resmi Ditutup, Ini Daftar Lengkap Para Peraih The Best Performance Selama Pameran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.