Tak Cuma Irit, Ini 5 Alasan yang Bikin Orang Ingin Meminang Sepeda Motor Listrik

Suara.com – Sepeda motor listrik mendapatkan popularitasnya seiring waktu berjalan. Dinilai lebih ringkas, tidak memiliki polusi suara, dan hemat dalam jangka panjang, menjadikan sepeda motor jenis ini mulai masuk dalam wishlist banyak orang.

Tapi sebenarnya jika ditelisik lebih jauh, apa saja alasan yang membuat seorang kemudian mempertimbangkan penggunaan sepeda motor listrik untuk kegiatan hariannya?

Nah, untuk mengetahui beberapa alasan yang mendorong seseorang membeli kendaraan listrik roda dua ini, Anda bisa simak pada poin berikut ini.

1. Biaya Maintenance Rendah

Baca Juga:
Astra Motor Yogyakarta Optimis Inden Honda ADV 160 Tak Perlu Menunggu Terlalu Lama, Bakal Ready Stok?

GOTO
GOTO

Karena secara mendasar komponen yang ada di bagian suku cadangnya lebih sedikit, praktis perawatan yang dilakukan juga akan lebih kecil. Servis dan penggantian suku cadang tidak akan memakan biaya yang besar dan terus menerus, sehingga biaya operasionalnya cenderung rendah.

Memang biaya untuk pengisian daya listrik akan meningkat. Namun masih lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya perawatan motor konvensional.

2. Lebih ‘Hijau’

Empat motor listrik Segway akan diperkenalkan di Indonesia pada Agustus 2022, di sela pameran otomotif GIIAS 2022. [Antara]
Empat motor listrik Segway akan diperkenalkan di Indonesia pada Agustus 2022, di sela pameran otomotif GIIAS 2022. [Antara]

Motor listrik menggunakan sumber tenaga listrik untuk menggerakkan mesinnya. Dengan begini, penggunaan sumber daya alam tidak terbaharui akan dikurangi. Listrik sendiri termasuk salah satu SDA yang dapat diperbaharui, sehingga dampak lingkungannya akan lebih bersahabat.

Hal ini juga mempertimbangkan limbah yang dikeluarkannya. Pada motor dengan bahan bakar minyak, terdapat limbah hasil kerja mesin yang berupa asap. Namun pada motor listrik limbah asap ini tidak muncul.

Baca Juga:
Viral Emak-Emak Santai Nikmati Perjalanan di Bak Motor Viar, Endingnya Justru Sial

3. Polusi Suara Hilang

Ilustrasi motor listrik. [Antara]
Ilustrasi motor listrik. [Antara]

Sekecil apapun suara motor konvensional, akan tetap lebih bising dibandingkan dengan suara motor listrik. Sepeda motor listrik terbilang cukup sunyi, sehingga polusi suara yang muncul sangat kecil.

4. Efisiensi Kerja Mesin

Motor listrik Cake. (Rideapart)
Motor listrik Cake. (Rideapart)

Pada berbagai pengukuran, efisiensi kerja mesin sepeda motor listrik menunjukkan angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar minyak. Mulai dari jarak tempuh, biaya yang dikeluarkan, nilai jangka panjang, hingga dampak lingkungan, hampir semua menunjukkan motor listrik lebih unggul.

5. Akselerasi Responsif

Yamaha Neo. (Visordown)
Yamaha Neo. (Visordown)

Bahkan pada beberapa pengujian terbilang spontan, sebab torsi penuh dapat dirasakan secara langsung saat motor dikendarai. Hal ini tentu akan jadi pengalaman menarik untuk pengendara motor yang terbiasa mengendarai sepeda motor konvensional.

Itu tadi sedikit alasan mengapa penggunaan sepeda motor listrik meningkat pesat beberapa waktu terakhir. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan aktivitas Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.