Tak Naik Bus, Joe Biden Boleh Bawa ‘The Beast’ di Pemakaman Ratu Elizabeth

Jakarta

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menghadiri acara pemakaman Ratu Elizabeth II pekan depan. Presiden AS itu tetap dibolehkan membawa mobil antipeluru The Beast demi keamanan.

Sebelumnya, muncul kabar bahwa pemimpin negara yang hadir di pemakaman Ratu Elizabeth tidak diperkenankan membawa kendaraan ke Inggris. Kabar tersebut terkuak dari dokumen komunikasi Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO).

Dokumen itu juga mengungkapkan para pemimpin dunia telah diminta untuk melakukan perjalanan dengan penerbangan komersial jika memungkinkan. Siapa pun yang bersikeras bepergian dengan jet pribadi harus mendarat di bandara yang lebih kecil karena Heathrow tidak akan tersedia.

Transfer helikopter antara bandara dan tempat-tempat juga dilaporkan dilarang. Hanya pemimpin negara dan pasangan yang akan diundang karena ruang terbatas dan mereka akan dipaksa untuk meninggalkan kendaraan pribadi negara mereka.

Presiden dan pemimpin dunia lainnya harus meninggalkan mobil mereka di sebuah lokasi di London Barat sebelum diantar ke pemakaman. Mereka kemudian akan dibawa kembali setelah pemakaman.

The presidential limousine known as Ilustrasi The Beast di Daytona Beach, Fla. (AP Photo/Alex Brandon) Foto: AP Photo/Alex Brandon

Meski begitu, laporan terbaru yang diberitakan The Times menyebut, Joe Biden diperkenankan membawa limosin The Beast untuk keamanan.

Seorang sumber pemerintahan mengatakan, tidak pantas meminta para pemimpin G7 untuk naik bus antar-jemput. Pejabat telah diminta untuk bersikap fleksibel.

Karenanya, kemungkinan Joe Biden akan tetap membawa The Beast ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Mobil kepresidenan AS garapan Cadillac itu dinilai sebagai mobil paling aman di dunia.

Di dalam The Beast terdapat banyak persenjataan yang disiapkan. Misalnya tersedia layar berasap dan gagang pintu yang dilengkapi dengan aliran listrik untuk menangkal para penyusup. Dalam keadaan darurat, The Beast disebut bisa mengeluarkan oli sehingga mobil yang mengejarnya berputar kehilangan arah.

Ada juga senapan angin, granat roket, peralatan night vision, hingga granat gas air mata di dalamnya. Punya bobot 8 sampai 10 ton, bodi The Beast terbuat dari lapisan antipeluru guna mencegah kerusakan saat ada bom meledak. Kacanya juga tebal dan disebut dapat menghentikan peluru magnum 0,44.

Bagian interiornya dilengkapi dengan pelindung khusus sehingga penumpang dapat terhindar dari cairan beracun. Ban The Beast yang kempes juga masih membuat mobil berjalan meski dalam kecepatan terbatas.

Simak Video “Terpapar Covid-19, Kondisi Joe Biden Membaik dan Ingin Kembali Bekerja
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.