Tak Semua Pengendara SUV Bongsor Arogan, Tergantung Mentalnya!

Jakarta

Pengendara SUV bongsor sekelas Toyota Fortuner maupun Pajero Sport kerap diidentikan dengan perilaku arogan di jalan. Pada kenyataannya, tidak semua pengendara SUV besar itu berperilaku demikian. Beberapa masih patuh akan aturan lalu lintas.

Namun dalam beberapa kesempatan, pengendara SUV bongsor itu justru kedapatan melakukan aksi arogan yang membahayakan pengguna jalan lain.

Contohnya adalah pengendara Toyota Fortuner yang tengah viral di sosial media. Dalam video yang beredar di jagat maya, Toyota Fortuner yang diduga mengenakan pelat dinas berwarna merah itu menodongkan pistol ke pengendara Toyota Avanza berkelir hitam.

Sebelum aksi menodongkan pistol itu terjadi, pengendara Fortuner justru terlihat lebih dulu menyalip dari posisi kanan yang bukan lajur berkendara. Ia sempat terlihat beberapa kali meminta pengendara Avanza untuk memberikan jalan dengan sedikit ke kiri, namun tampak tidak diberi.

Menyoal perilaku arogan, praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menyebut tidak bergantung akan ukuran mobilnya. Ini lebih ke mental pengendara yang tidak mampu mengendalikan emosinya ketika di jalan.

“Enggak sih, tergantung mentalnya juga. Mobil gw Fortuner, tapi lebih banyak ngalah dan kasih ruang bagi pemotor, terutama di simpangan jalan,” kata ungkap Sony saat dihubungi detikcom, Senin (19/9/2022).

Kendati demikian kata Sony, pengendara dengan kendaraan besar dan melakukan manuver agresif sudah membuat pengguna jalan lain risih dan takut. Adapun bila kamu bertemu dengan pengendara arogan tidak perlu melawan. Dari sisi keselamatan berkendara, kamu dianjurkan untuk mengalah.

Bukannya apa-apa, jika tindakan arogan itu dilawan bukan tidak mungkin ke depan kita akan menumbuhkan sifat serupa.

“Menghindari dan mengalah untuk menjauh dari masalah. Pikirkan resiko buruk yang akan terjadi sebelum salah bertindak. Karena yang nomor 1 (meladeni pengendara arogan) itu tuh memang kadang menjadi karakter yang terbangun salah sebagian pengendara di Indonesia,” jelas Sony.

Simak Video “Beda Level! Hyundai Palisade Tak Sejajar dengan Pajero dan Fortuner
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.