Tanpa WiFi dan Kursi Pijat

Jakarta

Hyundai New Palisade yang baru meluncur di pasar Indonesia sejatinya rilis pertama kali secara global di Amerika Serikat pada April 2022. Tapi ternyata ada beberapa perbedaan antara dua Palisade tersebut.

Hyundai New Palisade 2022 resmi diluncurkan di Indonesia, Kamis (28/7). Menariknya, New Palisade hadir dengan sejumlah fitur yang berbeda jika dibandingkan dengan yang dilepas di pasar Amerika Serikat.

Hyundai Palisade terbaru 2023Wujur Hyundai Palisade di pasar Amerika Serikat Foto: Hyundai

Di pasar Amerika Serikat, Hyundai New Palisade hadir dengan headunit digital terbaru seluas 12 inci, fitur Digital Key 2 Touch yang memungkinkan pemilik untuk membuka mobil dengan mendekatkan gadget ke pintu, fitur WiFi Hotspot, hingga fitur Drivers Ergo Motion Seat alias kursi pijat.

Sayang untuk pasar Indonesia, New Palisade tidak dihadirkan dengan fitur-fitur canggih bak Palisade Amerika Serikat.

Menurut Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia hal tersebut murni keputuran Hyundai Motor Company.

“Ya itu sudah merupakan keputusan dari HMC (Hyundai Motor Company), ketika merancang sebuah produk pasti mereka punya banyak pertimbangan dan mereka ketika menawarkan ini ke kita sistemnya sudah seperti itu,” papar Bonar.

“Jadi bukan karena kita yang nggak mau atau kita yang nolak. Ya dari sananya,” lanjutnya.

Keputusan Hyundai untuk memilih fitur-fitur yang akan dihadirkan di model Indonesia diambil berdasarkan banyak faktor.

“Berdasarkan judgement (penilaian) mereka. Judgement mereka dari mana? Ya macam-macam. Survei, penilaian mereka terhadap pasar Indonesia, terus juga kesiapan daripada hype Hyundai-nya itu sendiri,” papar Bonar.

“Kadang-kadang fitur yang kecanggihan, malah bikin repot ceritanya,” tutupnya.

Untuk pasar Indonesia, beberapa fitur baru yang hadir di New Palisade ini tergolong cukup standar dan sudah hadir di beberapa lini model Hyundai lainnya, seperti BlueLink dan SmartSense.

Dengan adanya Blue Link Palisade jadi memiliki fitur Tracking & Stolen Vehicle Immobilization, Valet Parking Mode, hingga Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization yang dapat dipantau lewat smartphone.

Sementara untuk SmartSense yang hadir di Palisade terbaru ini, meliputi fitur pencegah tabrak depan alias Forward Collision-Avoidance Assist (FCCA), fitur penjaga di suatu lajur alias Lane Keeping Assist (LKA) & Lane Following Assist (LFA).

Namun fitur yang belum ada di lini Hyundai Indonesia lainnya dan hadir di New Palisade adalah fitur Rear Seat Passanget Talk Mode. Fitur ini dapat memudahkan penumpang berkomunikasi dengan pengemudi.

“Fitur ini memberikan kemudahan kepada pengemudi pada saat dia mengemudi, tapi pada saat dia berbicara itu bisa lebih jelas sehingga penumpang di baris belakang pun dapat tetap mendengarkan apa yang dibicarakan. Karena apa? Karena adanya microphone pada kursi pengemudi,” ujar Makmur, CEO PT Hyundai Motors Indonesia.

(mhg/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.