Terjadi Knocking Saat Melibas Tanjakan? Ini Empat Hal Penyebab Mesin Mobil Ngelitik

Suara.com – Suara ngelitik pada mesin mobil atau knocking menjadi permasalahan yang sering timbul saat melibas jalanan menanjak.

Mengutip Wuling Indonesia, sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan mesin mobil ngelitik. Dan berikut ini adalah empat di antaranya:

Ilustrasi busi mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi busi mobil. [Shutterstock]

Bahan Bakar Berkualitas Rendah

  • Menggunakan bahan bakar berkualitas rendah dapat menyebabkan naiknya temperatur dan tekanan di dalam ruang bakar mesin.
  • Akibatnya bensin tidak terbakar dengan sempurna dan menyisakan senyawa yang menempel dalam ruangan silinder.

Deposit Pada Dinding Silinder

Baca Juga:
Pilih Biru atau Oranye? Ini Pilihan Warna Vespa LX dan Vespa S

  • Deposit ini mengambil ruang penting yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi normal mesin yaitu pencampuran udara dan bahan bakar.
  • Deposit yang tebal dapat meningkatkan kompresi dalam silinder, dan jika kompresi yang lebih tinggi ini tidak diperkirakan juga dapat menyebabkan knocking.

Busi yang Salah

  • Busi membantu mengontrol lingkungan internal mesin dan beroperasi dengan kondisi yang presisi, busi yang salah menciptakan kondisi yang kurang optimal untuk pembakaran bahan bakar.

Penyebab Lain

  • Ini juga termasuk penyebab knocking pada mesin, yakni: injeksi kotor, knock sensor rusak, piston ring salah, valve seal, dan ada kemungkinan mesin berjalan terlalu panas. Pemicu yang lain yaitu, injektor atau mungkin karburator mobil yang punya masalah.

Setiap penyebab kerusakan ini memiliki solusi dan penanganan tertentu, dan biasanya perbaikannya tidak rumit. Meski demikian, bunyi knocking tidak dijamin bakal hilang.

Pasalnya, bisa terjadi salah diagnosa penyebab knocking, dan mungkin saja terdapat lebih dari satu penyebab. Untuk lebih memastikan sebaiknya berkonsultasi dan mengunjungi bengkel resmi.

Baca Juga:
Porsche Recall Taycan Model 2020 dan 2021 Akibat Mesin Bisa Mendadak Mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.