Tips Memilih Ban Tubeless Yang Berkualitas

Sahabat Oto… Dalam Memilih ban mobil kita tidak boleh sembarangan mengingat komponen mobil satu ini selalu bersinggungan dengan jalan dalam pemakaiannya. Risiko muncul gangguan atau kerusakannya pun cenderung lebih besar.

Ban tubeless sering kali dianggap sebagai solusi paling tepat. Meski begitu, Sahabat Oto tidak bisa asal memilih ban tubeless. Tidak semua ban tubeless yang beredar di pasaran memiliki kualitas baik.

Memiliki ketebalan yang pas

Tips yang pertama bisa dengan melihat dari tingkat ketebalan ban. Tiap pabrikan ban memproduksi ban tubeless dengan ukuran yang variatif, mengikuti permintaan pasar. Namun, berapakah tingkat ketebalan ban yang tepat untuk sebuah mobil? 

Sebaiknya, pilih ban tubeless dengan tingkat ketebalan 50. Tingkatan ini memiliki keseimbangan yang baik untuk mobil, terutama city car atau mobil penumpang kecil. Ban dengan keseimbangan yang baik akan menunjang performa kendaraan Sahabat Oto. Laju kendaraan akan lebih mulus jika menggunakan ban yang seimbang.

Tahun produksi masih baru

Indikator lain yang bisa Sahabat Oto gunakan untuk menentukan ban tubeless berkualitas adalah tahun produksinya. Idealnya, ban yang lebih baru memiliki kualitas relatif lebih baik. Artinya, semakin dini tahun produksi ban, maka semakin bagus kualitasnya. Sebab, ban yang sudah lama dibuat akan menurun kualitasnya. Proses penyimpanan berisiko membuat ban berubah bentuk atau bahkan rusak.

Produsen ban biasanya mencantumkan beberapa kode pada permukaan ban dan salah satunya adalah kode tahun produksi. Tahun produksi biasanya diwakili dengan empat digit angka, misalnya 0220. Kode tersebut menandakan bahwa ban diproduksi pada minggu kedua tahun 2020.

Beda jenis, beda fungsi

Perlu diingat, tidak semua ban tubeless yang ada di pasaran akan cocok dengan kendaraan Sahabat Oto. Sebab, ban tubeless pun ada beragam jenisnya. Masing-masing jenis memiliki fungsi yang berbeda. Contohnya ban tubeless dengan kode produksi P. Artinya, ban tersebut didesain khusus untuk mobil penumpang. Kode P di sini berarti passenger atau penumpang.

Selain mengetahui ciri-ciri ban tubeless berkualitas, pastikan juga untuk memilih ban tubeless dengan ukuran sesuai. Sesuaikan ukuran ban tubeless dengan ukuran velg mobil. Ukuran yang tidak sesuai hanya akan membuat kaki-kaki mobil lebih cepat rusak. Untuk mengetahui ukuran ban, Anda bisa melihatnya pada kode yang tercantum di permukaan ban.

Perhatikan pola tapak

Ban tubeless berkualitas yang terakhir bisa dilihat dari pola tapaknya. Ban memiliki pola tapak yang unik. Pola tapak ini membantu ban agar bisa mencengkeram permukaan jalan.

Untuk mobil penumpang kecil atau mobil yang digunakan dalam kota, sebaiknya pilihlah ban tubeless dengan pola tapak berbentuk V. Pola tapak seperti ini memiliki daya cengkeram yang baik dan bisa mengurangi risiko selip saat permukaan jalan basah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.