Tips Mencegah Kerusakan Mesin Akibat Water Hammer

Sahabat Oto… Meskipun sudah memasuki musim kemarau, di beberapa daerah masih terjadi hujan yang cukup deras yang kadang menyebabkan terjadinya genangan di beberapa daerah.

Genangan air yang terlampau tinggi bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada kendaraan salah satunya mobil menjadi mogok, baik saat menerjang atau sesudah melewati banjir. Penyebab utama mogoknya kendaraan salah satunya bisa disebabkan karena adanya water hammer.

Water hammer merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi dimana air masuk ke ruang pembakaran. Air yang memiliki sifat tidak bisa dikompresikan maka akan membuat menekan piston dan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan. 

Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mencehgah terjadinya water hammer.

Menghindari area banjir

Cara yang paling mudah dan sederhana adalah menghindari area banjir. Apalagi jika air yang menggenang cukup tinggi di atas 50 cm. Genangan air ini akan mempermudah air masuk melalui beberapa bagian terutama bagian intake udara. 

Jangan berkendara saat arus deras 

Selain area banjir, Sahabat Oto juga harus berhenti berkendara saat terdapat arus yang sangat deras. Selain arus yang deras bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan karena mobil bisa terbawa arus, aliran air yang deras juga bisa membuat air naik ke bagian mesin ketika kendaraan sedang melaju.

Mengendalikan kecepatan

Jika terpaksa harus melewati area banjir, Sahabat Oto perlu mengendalikan kecepatan mobil. Genangan air mungkin saja masih di bawah air intake, tapi dengan kecepatan yang cukup tinggi air bisa naik ke area intake air

Mengecek kendaraan setelah melintasi banjir

Apabila Sahabat Oto berhasil melewati banjir dan mobil tidak mogok, bukan berarti kondisi mobil baik-baik saja. Sahabat Oto tetap harus mengecek kondisinya ke bengkel untuk mengecek ada tidaknya air yang terperangkap di area mesin untuk mencegah rusaknya komponen mesin. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.