Tips Mencegah Terjadinya Kebakaran Saat Isi BBM

Sahabat Oto… Banyaknya berita yang mengabarkan sering terjadinya kebakaran ketika proses pengisian BBM di pom bensin atau SPBU membuat kita harus selalu waspada ketika sedang melakukan pengisian BBM.

Selain bisa menyebabkan kerugian materi akibat mobil hangus terbakar, kebakaran di SPBU juga bisa mengakibatkan munculnya korban jiwa.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran ketika mengisi bahan bakar, berikut ini beberapa tips yang bisa Sahabat Oto lakukan.

Matikan Mesin Mobil

Ini merupakan prosedur standar yang selalui diingatkan oleh petugas SPBU tapi masih sering diabaikan oleh pengguna kendaraan. Mesin mobil yang menyala bisa memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin, terlebih bila ada masalah di sistem kelistrikan misalnya dari soket-soket listrik yang sudah mulai rusak. Percikan api pada soket listrik bisa juga menyambar uap bahan bakar sehingga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

Tidak Menggunakan Ponsel

Uap bahan bakar sanggup menjalar dari celah antara nozzle pengisian dan lubang tangki bensin yang sedang melakukan pengisian bahan bakar. Saat bertemu energi listrik dari sinyal ponsel, potensi terbakar bisa muncul yang cukup untuk menimbulkan kebakaran.

Perhatikan Nozzle Pengisi dan  Lubang Tangki Bensin

Pastikan nozzel pengisi bensin menyentuh mulut lubang tangki bensin untuk menghindari timbulnya listrik statis yang bisa menyulut api. Pastikan pula operator SPBU tidak mengangkat nozzle jika masih ada bensin yang menetes dan menunggu hingga bensin benar-benar berhenti mengalir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.