Tips Menjaga Kilap Mobil Lebih Tahan Lama

Suara.com – Berbincang soal bodi mobil, cat mengilap atau kinclong akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi si empunya. Alasannya beragam, karena rajin merawat kendaraan, karena “rapi” mengemudikannya sehingga bebas baret atau tidak menabrak sana-sini, dan seterusnya.

Sebaliknya, bila permukaan tampak kusam, sudah pasti bikin kesal. Mobil terlihat tidak terawat, menua, dan bila akan dijual kembali bisa-bisa sulit laku. Karena tampilannya tidak menarik.

Berikut Scuto Paint membagikan beberapa poin tentang cara menjaga kilau cat pada mobil:

Ilustrasi parkiran mobil. (Unsplash.com/ Michael Fousert)
Ilustrasi parkir mobil tidak di bawah terik matahari (Unsplash.com/ Michael Fousert)

Hindari Parkir di bawah Terik Matahari Langsung

Baca Juga:
Dalam Hening, Taksi Ikonik London Antre Ungkapkan Bela Sungkawa atas Mangkatnya Ratu Elizabeth II

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak lapisan coating bila kondisi terjadi dalam waktu lama.

Jika memang harus parkir di bawah terik sinar matahari, sebaiknya gunakan wax untuk melindungi cat mobil dari sengatan UV. Fungsi wax ini bisa dikatakan seperti sun block untuk melindungi kulit.

Wax melapisi cat agar sinar UV tak langsung bersentuhan dengan coating cat, sehingga cat kendaraan tidak lekas kusam.

Ilustrasi hujan (Pexels.com/Pratik Gupta)
Ilustrasi terkena air hujan (Pexels.com/Pratik Gupta)

Segera Bilas jika Terkena Air Hujan

Air hujan bisa membuat cat lebih cepat kusam, lantaran terdapat kotoran dan jamur yang menempel pada cat. Selain itu, air hujan juga dikhawatirkan mengandung senyawa asam yang mampu bereaksi pada permukaan cat dalam jangka waktu lama.

Baca Juga:
Obituari: Sri Ratu Elizabeth II Mangkat, Dunia Otomotif Kehilangan Driver dan Mekanik Andal

Jadi disarankan secepat mungkin permukaan mobil dicuci hingga bersih setelah tersiram air hujan.

Perhatikan Poin Penting Ketika Mencuci Mobil

Mencuci mobil pun sebaiknya dengan cara yang benar. Pada saat mencuci mobil, sebaiknya tangan digerakkan searah, bukan memutar. Sehingga tidak menimbulkan squirl atau goresan yang mirip sarang laba-laba.

Terakhir hindari mencuci mobil di bawah terik matahari langsung serta sebelum mencuci mobil pastikan suhu mobil dalam keadaan normal.

Spons makeup. (Pixabay)
Jangan salah pilih spons dan lap untuk peruntukan yang berbeda. Sebagai ilustrasi (Pixabay)

Gunakan Lap Jenis Microfiber

Ada baiknya hindari lap chamois atau lap jenis karet ketika membersihkan kotoran pada bodi kendaraan. Lap model tersebut tidak didesain untuk menyapu kotoran dan dikhawatirkan dapat menimbulkan baret halus.

Gunakan lap microfiber karena memiliki daya serap tinggi ketimbang lap chamois untuk mengeringkan permukaan bodi mobil setelah selesai dicuci.

Lakukan Maintenance Berkala

Langkah terakhir untuk menjaga kilau cat, sebaiknya dilakukan mainatenance perawatan secara berkala. Hal ini untuk memberikan proteksi terhadap cat kendaraan. Selain itu, perawatan secara berkala untuk menjamin tampilan mobil lebih terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.