Tips Merawat Mesin Diesel | Republika Online

Perawatan mesin diesel dilakukan dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Mesin diesel merupakan mesin dengan kompresi yang sangat tinggi sehingga mampu menyajikan tenaga dan torsi yang besar. Siperlukan sejumlah langkah perawatan agar mesin diesel mampu berjalan dengan awet dan optimal.


Berkaitan dengan hal tersebut, PT Timur Raya Karya Mandiri (TRKM Group) selaku distributor tunggal Deltalube pun membagikan sejumlah tips dalam merawat mesin diesel. Technical Support Manager PT TRKM Group, Yese M.T. Simanjuntak mengatakan, perawatan mesin diesel dapat dilakukan dengan selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai.


“Gunakan bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur yang rendah dan kadar cetane tinggi untuk membuat mesin dapat bekerja optimal dan minim gangguan,” kata Yese dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (6/8).


Kandungan sulfur perlu diperhatikan. Sebab, kandungan yang tinggi akan membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu, performa mesin turun, dan mengurangi usia mesin. Pemilihan bahan bakar jadi salah satu hal yang vital terutama pada mesin diesel common rail.


Cara berikutnya, lanjut dia, pengendara disarankan untuk selalu memeriksa kondisi filter bahan bakar dan filter udara. Komponen ini tentu perlu dipperhatikan untuk menjaga kualitas bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar.


Di satu sisi, sebagai mesin dengan kompresi tinggi maka mesin diesel hadir dengan temperatur mesin yang juga tinggi. Sehingga, performa dan durabilitas mesin diesel juga sangat bergantung pada oli mesin. Pengendara harus rutin melakukan pemeriksaan volume oli, pemeriksaan kualitas oli mesin dan penggantian oli secara rutin.


Berkaitan dengan oli, Deltalube sendiri baru saja meluncurkan oli terbaru khusus untuk mesin diesel dengan kinerja tinggi yakni Deltalube Daily 757 Premium Diesel Oil SAE 15W-40 API CI-4. “Oli dengan Klasifikasi API Service CI-4 sangat cocok dipergunakan untuk mesin diesel modern dengan common rail dan turbo,” ucapnya.


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.