Tips Sederhana Merawat Kaca Di Musim Penghujan

Sahabat Oto… Di musim penghujan seperti sekarang ini perawatan kaca mobil menjadi sangat penting. Kaca yang selalu jernih tanpa jamur meskipun sering diguyur hujan maupun terjemur terik matahari akan menjadi nyaman ketika berada di musim hujan.

Air hujan mengandung asam dan tak bisa dianggap sepele. Kebiasaan membiarkan mobil yang telah kehujanan tanpa membilas dan mengeringkannya akan memicu timbulnya jamur kaca.

Agar tampilan kaca mobil Sahabat Oto selalu bersih dan bebas jamur, maka perawatan adalah sebuah kewajiban yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Berikut ini beberapa tips sederhana merawat kaca ketika di musim hujan.

Bilas dengan air bersih

Biasakan setelah mobil terguyur hujan agar selalu dibilas. Hal ini untuk mengusir zat asam yang terkandung dalam air hujan. Sebab zat tersebut sangat merugikan permukaan kaca dan body serta dengan mudah bisa menimbulkan jamur.

Memilih lap yang tepat

Setelah membilas atau mencuci mobil, langkah berikutnya yang patut dilakukan adalah mengeringkannya, sembarangan menggunakan kain untuk lap permukaan kaca dan bodyakan menyebabkan permukaannya menjadi baret.

Mengeringkan kaca menggunakan lap bekas membersihkan ruang mesin atau velg bisa membuat kaca tergores. Biasakan miliki lap khusus untuk membersihkan dan mengeringkan kaca, bila perlu miliki dua jenis yang terdiri dari lap chamois dan microfiber.

Jaga kondisi karet wiper

Karet wiper beserta mekanisme penyapu air di kaca tersebut harus selalu optimal kerjanya. Piranti tersebut sangat vital di musim hujan dalam membantu pengemudi mendapatkan visibilitas yang baik saat berkendara di tengah guyuran hujan lebat.

Namun wiper ternyata bisa menjadi penyebab rusaknya permukaan kaca jika karetnya aus atau getas. Karet wiper yang mengeras dan dipaksa untuk bekerja menyapu air hujan maka akan berdampak mengikis permukaan kaca yang akhirnya membuat permukaan kaca menjadi rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.