Top Speed Tambah Kencang Cuma Kalah dari Ducati, Ini Kata Bos MotoGP Yamaha

Jakarta

Top speed yang dikeluhkan rider Yamaha nampaknya mulai menemukan solusi. Motor YZR-M1 untuk musim MotoGP 2023 mengalami perkembangan signifikan.

Dalam sesi tes di Misano hari kedua, Fabio Quartararo keluar sebagai rider tercepat. Dia mencatatkan waktu putaran 1 menit 31,054 detik.

Menariknya kecepatan maksimal atau top speed YZR-M1 2023 yang digeber Fabio Quartararo hanya kalah dari Ducati Desmosedici GP. El Diablo mencatatkan top speed 298,3 km/jam, sedangkan Ducati di tangan Jorge Martin mampu melesat 300 km/jam.

Top speed Fabio Quartararo sama dengan yang diraih Maverick Vinales. Bersama Aprilia, Vinales bisa berlari hingga 298,3 km/jam.

Pabrikan lain kalah kencang. Catatan top speed terbaik Honda di tangan Marc Marquez mampu berlari 295 km/jam. Sedangkan top speed KTM malah dipegan Dani Pedrosa, test rider itu bisa ngebut hingga 297,5 km/jam.

Jika data Yamaha dibandingkan dengan tes Misano tahun lalu, Fabio Quartararo mengalami kenaikan top speed. Ada selisih 6,5 km/jam. Tahun lalu, El Diablo hanya bisa melesat hingga 291,8 km/jam.

Sementara rekan setimnya Franco Morbidelli mencapai 291,8 km/jam tahun lalu saat tes resmi Misano. Kini top speed-nya tembus 294,2 km/jam.

Direktur Tim Yamaha Monster Energy, Massimo Meregalli mengatakan pebalap pada puas. Yamaha memang bekerja keras untuk memenuhi janji perbaikan top speed pada YZR-M1. Adapun komponen baru yang diuji pada sesi tes resmi Misano di antaranya sasis, mesin, dan perangkat elektronik.

“Kami cukup puas karena tes berjalan dengan baik. Secara keseluruhan, untuk apa yang telah kami uji, terutama mesin baru untuk tahun depan dan juga sasis baru, semua informasi yang kami kumpulkan sangat bagus,” kata Meregalli dalam keterangan resminya dikutip Kamis (8/9/2022).

“Kami mendapatkan beberapa kecepatan tertinggi, dan waktu putaran menjadi lebih cepat dan lebih mudah bagi pengendara. Mereka senang karena mereka jelas merasakan peningkatan dengan mesin baru. Ini sangat penting untuk tahun depan, tetapi juga penting untuk pola pikir para pebalap tahun ini. Itu membuat pikiran mereka tenang, karena mereka merasakan sendiri apa yang dijanjikan Yamaha untuk tes ini. Kami sangat senang dan menantikan langkah selanjutnya untuk Tes Valencia,” jelas dia.

Simak Video “MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.