Urutan Cara Poles Mobil Baik dan Benar agar Berkilau, Ini 9 Tipsnya

Suara.com – Mobil yang terlihat bersih, mengkilat, dan sempurna, tentu jadi dambaan semua pemilik mobil. Selain tampil keren, hal ini juga bisa menjadi cerminan bahwa Anda sebagai pemilik mobil adalah pribadi yang menyukai kebersihan. Cara poles mobil baik dan benar harus diterapkan, agar hal ini bisa tercapai.

Apakah harus mendatangi tempat perawatan mobil?

Ya, jika Anda ingin hasilnya benar-benar sempurna. Tapi hal ini juga bisa diperoleh dengan perawatan di rumah, selama langkah yang dilakukan tepat.

Berikut cara poles mobil yang baik dan benar agar mobil tampak kinclong setiap saat.

Baca Juga:
Kelamaan Parkir Sampai Pemiliknya Menghilang, Porsche Cayenne Jadi Korban Mutilasi Orang Misterius

Ilustrasi mobil Jaguar (Shutterstock).
Ilustrasi mobil kinclong (Shutterstock).

1. Siapkan Alat dan Bahan

Cairan untuk memoles dan mesin poles, kain kasar dan kain halus pada mesin poles, dan beberapa peralatan pendukung lain. Penggunaan cairan poles dengan kualitas tinggi dan mesin poles yang bekerja dengan baik bisa membantu proses poles mobil menjadi lebih mudah.

2. Luangkan Waktu

Pemilihan waktu yang tepat dapat mengoptimalkan proses ini, karena pemolesan mobil secara menyeluruh sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pastikan juga cuaca sedang cerah, agar kilap mobil lebih tampak setelah proses selesai.

3. Area yang Luas dan Terang

Baca Juga:
Penjualan Mobil Isuzu Naik 52 Persen di Semester I 2022, Kinerja di GIIAS 2022 Positif

Gunakan garasi atau halaman rumah untuk melakukan proses ini, sebab biasanya pemolesan mobil di bagian tertentu memerlukan ruang yang cukup besar untuk dieksekusi.

4. Cuci Mobil sebagai Langkah Awal

Membersihkan mobil dengan mencucinya jadi langkah awal yang baik untuk dilakukan. Hal ini bisa membantu mengkondisikan body mobil dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran yang menempel, sehingga proses pemolesan dapat berjalan optimal.

5. Keringkan Mobil

Sebelum dipoles, pastikan mobil sudah dalam keadaan kering dan tidak lembab. Anda bisa menggunakan kain microfiber untuk membantu mengeringkan bagian mobil yang masih basah.

6. Poles secara Berurutan

Mulai dari bagian atas mobil, bagian samping, kemudian bagian belakang, poles bagian mobil ini dengan urutan yang benar. Poles juga bagian velg dan mika mobil, sehingga kilapnya benar-benar merata.

7. Tidak Perlu Buru-Buru

Ini gunanya menyediakan waktu khusus untuk pemolesan mobil. Lakukan semua tahap secara perlahan dan tanpa terburu-buru, sehingga setiap bagian mobil benar-benar bisa dipoles maksimal. Ulangi proses hingga kilap mobil terlihat sempurna di setiap bagiannya.

8. Proses Lapping

Proses ini berfungsi untuk memberikan efek kilap pada mobil yang sudah di poles. Ambil mesin poles dan gunakan kain lap halus. Bubuhi cairan poles pada kain halus tersebut, kemudian poles ke semua permukaan mobil. Lakukan perlahan, dan pastikan semua bagian mobil di-lapping.

9. Periksa Kembali, dan Pastikan Semua Berkilau

Setelah proses lapping selesai, ada baiknya kembali memastikan kilap mobil sudah tampak di setiap sisi mobil. Proses selesai, dan kini mobil Anda tampak berkilau dan siap diajak berkendara.

Itu tadi sederet cara poles mobil yang baik dan benar. Jika tidak memiliki banyak waktu, lebih disarankan untuk mendatangi tempat perawatan mobil, untuk hasi; yang lebih maksimal.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.