VW “recall” Atlas dan Atlas Cross Sport 2022 karena masalah baut

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan otomotif asal Jerman, VolksWagen (VW) kembali melakukan penarikan kembali (recall) terhadap kendaraan Atlas dan juga Atlas Cross Sport 2022 karena masalah pemasangan baut yang tidak benar.

Dalam kasus ini, Volkswagen menarik total 3.540 kendaraan di AS dan Kanada. Dari jumlah tersebut, 3.334 adalah Atlas yang dibuat antara 19 April dan 6 Juni 2022, dan 206 adalah model Atlas Cross Sport, versi SUV lima kursi yang lebih ramping.

CarsCoops melaporkan pada Selasa, pembuat mobil pertama kali menyadari masalah ini pada bulan April setelah pabrik Chattanooga mulai menerima baut dari pemasok baru.

Baca juga: VW investasi Rp4,67 triliun untuk pabrik SUV Atlas

Pada 29 April, VW menyadari bahwa tingkat kegagalan dalam produksi mulai meningkat dan mulai mencari akar masalahnya. Pada bulan Agustus, telah ditentukan bahwa baut pada halangan trailer tidak dikencangkan dengan benar.

“Meskipun sangat tidak mungkin, pengalaman yang diperoleh selama pengujian ketahanan menunjukkan bahwa kegagalan tegangan berlebih pada baut (beban dipindahkan dari baut yang hilang ke baut yang tersisa) saat penarik tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan,” tulis Volkswagen dalam laporan penarikannya.

Pemilik Atlas dan Atlas Cross Sport mungkin memperhatikan masalah ini jika mereka mendengar suara berderak dari bagian belakang kendaraan mereka.

Jika situasinya terus berlanjut, baut bisa gagal, bersama dengan halangan lainnya, dan pengemudi bisa kehilangan trailernya. Jika hal itu terjadi saat dalam perjalanan, maka akan menimbulkan bahaya yang cukup signifikan bagi pengguna jalan lainnya.

Baca juga: VW Atlas Cross Sport GT tampil dengan gaya lebih sporty

Baca juga: VW ubah logo, bakal muncul pertama di Atlas Cross Sport

Baca juga: 7 mobil baru pencuri perhatian di New York Auto Show

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.