Waduh! Satu Paddock Tim Kebakaran di MotoGP Jepang, Untung Ada Mekanik Lembur

Jakarta

Alarm kebakaran berbunyi di area pit Sirkuit Motegi, Jepang, Kamis (22/9/2022) pukul 19.15 waktu setempat. Sumber api ditemukan pada paddock tim Marc VDS Moto2.

Dicukil Speedweek, Kamis (22/9/2022) kondisi paddock di pit Marc VDS Moto2 sudah kosong, sebab tim, mekanik serta pebalap Sam Lowes, dan Tony Arbolino sudah dalam perjalanan kembali ke hotel.

Sekitar pukul 19.15 waktu setempat alarm kebakaran berbunyi. Beruntung pit tidak kosong betul, karena masih terdapat mekanik Suzuki Ecstar dan Aprilia Racing yang masih bekerja di area paddock. Mereka bergegas untuk mendobrak pintu dan gerbang yang terkunci.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Sumber asap dan api ditemukan dalam garasi tim Marc VDS. Tim Suzuki selalu memiliki alat pemadam api tambahan sendiri di pit sehingga tidak harus hanya mengandalkan alat pemadam kebakaran di lintasan.

Sebuah mobil pemadam kebakaran dengan cepat bergegas untuk membantu. Tidak ada korban luka, api dapat dipadamkan dengan cepat berkat intervensi cepat dari para tim mekanik yang lembur dan petugas pemadam kebakaran yang cekatan.

Pada awalnya kebakaran diduga karena mesin starter untuk menghidupkan motor sedang dicharger. Disinyalir alat tersebut terbakar karena kepanasan. Namun faktanya, korsleting pada colokan listrik jadi penyebab kebakaran.

“Ketika kami pindah ke dalam pit pagi ini, air yang terkumpul karena badai masuk ke dalam pit. Rupanya, colokan mengeluarkan percikan api di malam hari, yang menyebabkan karpet dan barang-barang lain di dalam kotak terbakar dan mulai terbakar,” lapor bos tim Marc VDS, Marina Rossi.

Marina Rossi menegaskan mesin starter tidak tersambung ke listrik. Namun, kelembapan di dalam kotak mungkin menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada tim Suzuki. Mereka sangat berani, mereka masih membantu timku untuk membersihkan dan mengambil apapun. Mereka bantu kami selama dua jam,” tambah dia.

“Tidak ada kerusakan pada sepeda motor,” kata dia.

Kejadian serupa terjadi di GP Texas sembilan tahun lalu. Saat itu, terjadi kebakaran di box Yamaha Tech3 saat baterai mesin starter terbakar akibat overheating pada malam hari.

Presiden IRTA Hervé Poncharal, mengatakan tidak ada kerusakan berarti atas peristiwa tersebut. Balapan akan sesuai dengan jadwal, yang dimulai pada Jumat dengan sesi free practice pertama.

“Suzuki dan Aprilia tidak ada sepeda motor balap yang rusak. Semua tim akan dapat berpartisipasi dalam FP1 pada hari Jumat.” kata dia.

Simak Video “Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.